Senin, 08 Oktober 2012

Setting Film Sablon

Salah satu kunci untuk dapat membuat hasil sablon yang baik adalah cara Anda melakukan setting film, walaupun tentu saja proses selanjutnya juga akan berpengaruh terhadap kualitas hasil sablon. Namun setting fillm adalah tahap pertama yang harus dilakukan dalam proses sablon, sehingga jika hasilnya tidak memuaskan, proses selanjutnya juga kemungkinan besar juga tidak memuaskan.

Seperti kita tahu, banyak pengusaha sablon yang menyerahkan pekerjaan setting film pada pihak lain, sehingga para pengusaha sablon itu tinggal menerima hasilnya berupa file yang siap atau sudah dicetak, dan tinggal diteruskan ke proses selanjutnya. Namun yang jadi pertanyaan, apakah penerima jasa setting langganan Anda dapat membuat setting film untuk sablon seperti contoh di atas ?

Pada umumnya, ada 3 jenis setting film sablon

  1. Spot color / pisah warna / masukan

  2. Separasi CMYK

  3. Raster indeks


Sedikit penjelasan dari masing-masing :

  1. Dengan teknik spot color, gambar yang akan disablon biasanya berupa blok, warna yang solid, dan jumlah warna terbatas. Biasanya berupa tulisan atau logo yang mudah dipisahkan warnanya.

  2. Dengan teknik separasi CMYK, gambar yang akan disablon full color, jumlah warna sangat banyak. Untuk itu diperlukan pemisahan warna dasar cyan, magenta, yellow dan black (CMYK), dan nantinya hasil sablon adalah merupakan percampuran dari ke 4 warna dasar tersebut. Gambar yang disablon biasanya berupa foto.

  3. Dengan teknik raster indeks, gambar yang akan disablon biasanya juga berupa foto atau mengandung gradasi warna. Gambar tersebut nantinya akan dilakukan pisah warna, namun berupa raster / titik-titik sesuai jumlah indeks warna yang Anda inginkan. Warna yang akan dibuat nantinya juga terbatas, namun hasil warna yang keluar setelah disablon, akan lebih terang, dan hasilnya sesuai dengan warna tinta hasil oplosan kita. Perbedaannya dengan separasi CMYK, raster indeks tidak ada percampuran warna, jadi warna tinta oplosan Andalah yang nantinya akan muncul.


Bingung dengan penjelasan di atas ? Supaya tidak bingung, kami berikan gratis contoh film yang bisa Anda cetak. Contoh kami berikan untuk ukuran A3. Silakan download :
1. contoh film spot color / masukan
2. contoh film separasi cmyk
3. contoh film raster indeks

catatan : untuk contoh2 tersebut, warna bahan kaos harus sesuai dengan contoh. Jika warna bahan berbeda, kemungkinan hasilnya akan berbeda juga.

Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar