Jumat, 24 Februari 2012

Target Pemasaran Online

Buka toko online itu susah-susah gampang. Kalau Anda sudah buat website, dengan desain yang oke, konten yang oke, dan produk yang ready stock, lalu apa yang Anda lakukan ? Duduk termangu-mangu menantikan pengunjung datang ke situs Anda lalu melakukan pembelian terhadap produk Anda ? Hasilnya akan nihil kalau seperti itu untuk berbulan-bulan malah mungkin bertahun-tahun !
Tentu saja Anda harus melakukan promosi. Teknik promosi online banyak caranya, yang paling efektif tentu saja jejaring sosial. Selain itu, Anda harus memastikan produk Anda ditujukan kepada sasaran yang tepat.
Sasaran produk Anda pastilah pengguna internet bukan ? Lalu siapa yang paling banyak menggunakan internet ? Pertama, orang kantoran, kemudian mahasiswa, anak sekolah, dan ibu rumah tangga.
Pengguna internet juga terbagi atas pengguna jejaring sosial seperti facebook atau twitter, dan pengguna internet yang browsing informasi melalui mesin pencari. Mengapa dibagi seperti itu ? Karena pengguna internet pemula banyak yang tahunya hanya facebook saja, tidak tahu yang lainnya :D
Nah, kalau kita sudah tahu mengenai karakteristik pengguna internet seperti itu, kita tinggal tentukan produk kita ditujukan ke sasaran yang mana. Apakah mau orang kantoran, pria atau wanita, mahasiswa dan anak sekolah, atau ibu rumah tangga. Berdasarkan pengalaman kami, wanita lebih banyak mengeluarkan uang untuk belanja online untuk keperluan sendiri atau untuk keperluan anak-anaknya bagi yang sudah mempunyai anak. Sedangkan untuk pria, lebih banyak belanja untuk keperluan perusahaan, atau komunitasnya. Jadi kalau mau jualan produk retail, sasaran Anda adalah pembeli wanita, sedangkan kalau mau jualan grosir, sasaran Anda adalah pembeli pria.
Silakan pilih sasaran Anda :)

1 komentar:

  1. Nice blog right here! Also your website a lot up fast! What host are you using? Can I get your associate link for your host? I want my site loaded up as fast as yours lol

    BalasHapus