Sabtu, 23 Oktober 2010

Menjangkau Penjualan ke Pelosok Nusantara

Tak dapat dipungkiri bahwa wilayah penjualan toko online lebih luas daripada toko offline.  Apalagi hal tersebut didukung dengan makin mudah dan murahnya akses internet, sehingga di kota-kota kecilpun sudah banyak pengguna internet. Tentu saja hal ini merupakan dampak yang menguntungkan bagi pelaku bisnis online.

Contohnya, toko online kaosoblong.net yang berlokasi di Tangerang Selatan, saat ini pelanggannya sudah sampai ke daerah lain antara lain Medan, Batam, Tanjung Redep, Samarinda, Purwokerto, Balikpapan, Bengkalis Riau, Pekan Baru, Kendari, Purwokerto, Mojokerto, Karawang, Jakarta, dan masih banyak lagi. Bahkan pernah ada pemesanan dari kota Bandung, yang bisa dibilang pusat produksi Kaos di Indonesia. Pembelinya ada yang konsumen langsung, dan ada juga pedagang untuk dijual kembali.

Mengapa pelanggan dari kota-kota lain tersebut membeli di tempat yang jauh dari daerah mereka ? Kemungkinannya antara lain :

  • Pembeli senang dengan produk yang eksklusif.

  • Di daerah mereka sulit ditemukan produsen untuk produk tersebut.

  • Pembeli tersebut ingin mencoba alternatif lain dari tempat mereka biasa memesan produk.


Cara pembelian biasanya adalah dengan pembayaran di muka, baru barang diproduksi/dikirim. Lalu bagaimana supaya calon pembeli tidak khawatir jika uang yang sudah mereka kirim tidak lenyap karena tertipu. Untuk menjaga kepercayaan calon pembeli bisa dilakukan beberapa hal antara lain :

  • Memasang alamat dan nomor telepon secara lengkap dan jelas.

  • Memajang foto lokasi, peralatan,  produksi, dll di toko online kita.

  • Jika ada komplain dari pembeli, selama itu adalah kesalahan kita, kembalikan uang dari pembeli tersebut tanpa banyak bertanya.


Lalu bagaimana caranya agar toko online kita dikenal oleh pengguna internet. Yang pasti adalah promosi, dan teknik SEO. Jika toko online kita sudah ada di halaman pertama google atau search engine lain, dengan kata kunci (keyword) yang relevan dengan produk kita, maka siap-siap untuk menerima email dan telepon yang tak kunjung henti. Contohnya adalah situs kaosoblong.net, jika pengguna internet melakukan google search dengan keyword kaos, atau kaos distro, maka hasilnya adalah di urutan halaman pertama google. Apalagi kalau pengguna internet search dengan keyword kaos oblong, selain berada di halaman pertama, juga berada di urutan teratas pada hasil pencarian google. Jadi selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, pemilihan nama domain yang tepat sangat penting.

16 komentar:

  1. My spouse and I stumbled over here coming from a different page and thought I should check things out. I like what I see so i am just following you. Look forward to checking out your web page again.

    BalasHapus
  2. Hi there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good results. If you know of any please share. Kudos!

    BalasHapus
  3. Sorry for not furthering the discussion, but I just wanted to say thank you for the insightful post.

    BalasHapus
  4. Greetings mate. Riveting info. Can I get your opinion on the latest.

    BalasHapus
  5. Oh my goodness! an incredible article dude. Thank you Nevertheless I'm experiencing subject with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting similar rss drawback? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx

    BalasHapus
  6. Yo son. First-rate blog. Any new info regarding something good.

    BalasHapus
  7. How goes it old chap. What are your thoughts on the latest? By the way amusing post!

    BalasHapus
  8. If u like Kebabs, then you must check out Hindustan Hotel, since it is a single of finest hotels of chota kebabs and lamba pav. It is located in the vicinity of Minara Masjid.

    BalasHapus
  9. After study a number of of the blog posts on your web site now, and I actually like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will probably be checking again soon. Pls take a look at my website as nicely and let me know what you think.

    BalasHapus
  10. Bagaimana agar web kita ada di halaman pertama Google search?

    BalasHapus
  11. Who knows is there as good social media personal marketing service than ReputationUP.com? Fannie Mae? They only cost 49 dollars which is not much, however my mate Hector told me there is, but he couldn't recall its name. I completely start to get suspicion that he recalled wrongly. All replies appreciated 8-)

    BalasHapus
  12. aku pengen bgt berdagang lewat online.....tapi masih bingung....

    BalasHapus
  13. IFDGcd watkbfuzrtgt, [url=http://iicpstpvqwqq.com/]iicpstpvqwqq[/url], [link=http://ojtmswzyhsms.com/]ojtmswzyhsms[/link], http://litplmwzjxvo.com/

    BalasHapus
  14. I’m impressed, I have to say. Actually hardly ever do I encounter a blog that’s each educative and entertaining, and let me let you know, you could have hit the nail on the head. Your thought is excellent; the issue is one thing that not enough individuals are talking intelligently about. I'm very happy that I stumbled across this in my search for something regarding this.

    BalasHapus